Senin, 10 Desember 2012

Kehidupan Gadis Manja

Pagi yang indah dan diawali dengan senyum semangat membuat pagi hari ini jadi lebih indah,,.. Pagi itu aku duduk2 di depan kost with teman2ku sambil bercanda tawa… Hhhhmmm,,,, rasanya senang banget… Namun teringat akan tugas,, jadi aku lebih memilih mengerjakan tugasku dulu.. Haaayyyy,,, guys sebelumnya perkenalkan namaku Desria Rauf,, aku mahasiswa S1 AKUNTANSI kelas C semester 3.. Sehubungan dengan tugas mata kuliah sistem informasi akuntansi, jadi hari ini aku meluangkan waktu untuk mengerjakannya.. Tau ngga guys apa tugasnya ??? Hahaha,,,, lucu sich jika dibayangkan.. Hhhhmmm,,, tugasnya membuat penelitian mengenai kehidupan pribadi sahabat yang ada di samping tempat duduk kami masing-masing pada saat mata kuliah sistem informasi akuntasi dalam bentuk novel.. lucu ngga guys ???
Hhhmm,, rasanya agak sedikit sulit sich,,karena ini pengalaman pertama bagi aku untuk menulis sebuah novel, tapi ngga ada salahnya untuk mencoba.. Untungnya sahabat yang akan aku teliti ini merupakan salah satu sahabat terbaik dan sahabat curhatku di kelas, bahkan kami pernah 1 kamar waktu aku kost ma dia di JDS jadi agak lebih gampanglah bagi aku untuk melakukan penelitian kualitatif ini karena aku sedikit banyak mengetahui tentang kehidupan pribadinya kaya gimana…
Guys, kalian kenal ngga sama foto gadis yang ada di bagian kanan atas??? Cantik khan ?? Gadis itulah yang akan jadi respondennya. Penasaran khan siapa gadis yang aku maksud ??? Langsung aja yach aku certain pahit buruknya kehidupan yang dialaminya, gimana karakternya serta aktivitas kesehariannya di kost,, maklum anak kost-kostan,, hehehe.. Namanya NURDIANTI asal Parimo (Parigi-Moutong) biasa dipanggil Dian putri sulung dari Bapak Mohammad Tobuhu dan Ibu Agustin, kelahiran 13 agustus 1993, 3 bersaudara, adiknya yang cowok bernama Risky dan yang paling bungsu biasa dipanggil Icha. Bisa dibilang yach dia terlahir dari keluarga yang cukup mapan sich ibunya seorang PNS disamping itu juga ibunya punya usaha sendiri dan ayahnya seorang supir di salah satu perusahaan yang ada di Moutung lho..
Pada hari sabtu selesai mata kuliah manajemen keuangan aku dan temanku yang sekelas datang ke kost-kosannya, rencana sich aku mau mewawancarainya lebih detail lagi wah tapiiii orang yang akan aku mau wawancarai masih sakit dan itupun masih tidur terpaksa aku dan temanku nunggu dia bangun dulu dech setelah dia bangun baru tu aku mulai mewawancarainya. Trus aku mulai bertanya tentang aktivitasnya di kost, walaupun aku sudah mengetahuinya sich, dan kemudian dia mulai menceritakannya “sepulang kampus aktivitasku di kost yaitu ngumpul bareng sama teman-temanku, tapi yang namanya hidup di kost-kostsan pastinya ada slah paham antara satu dengan yang lainnya, dan banyak perbedaan-perbedaan diantara kami tapi semua itu akan jadi kenangan dan pengalaman yang akan berkesan setelah kami akan berpisah nantinya.”
Kemudian aku mulai bertanya tentang pengalaman(kisah) yang tidak pernah dia lupakan selama ini baik pengalaman yang buruk atau yang baik. Tapi dia terdiam sejenak dan akupun merasa bersalah atas pertanyaanku tadi sambil berkata “maaf, jika pertanyaanku menyinggung perasaanmu” dia menjawab “ngga apa-apa Des ini memang sudah tugasmu.” Banyak pengalaman-pengalaman hidup yang aku dan keluargaku hadapi selama ini. Pengalaman hidup yang paling berkesan saat kedua orang tuaku sering bertengkar, dan hampir mau cerai. Jika harus mengingat kembali kejadian itu rasanya sakit hati ini Des, sedih… Aku lihat matanya sudah mulai berkaca-kaca, dan akupun terharu mendengar ceritanya karena hampir sama dengan kisah hidupku. Aku berkata “jika kamu merasa sedih harus mengingatnya kembali ngga usah diteruskan, aku mengerti dengan perasaanmu saat ini. Namun dia kembali meneruskan ceritanya berapa tahun yang silam jika mereka bertengkar aku sering dititipkan di rumah nenekku atau tidak aku dikunci dalam kamar sendirian, itu yang paling membuatku sedih karena seakan-akan mereka ngga menyayangiku. Tapi aku sangat bersyukur karena orang tuaku mulai mengerti dengan namanya suatu pernikahan. Kemudian aku mulai melanjutkan pertanyaanku “apa yang menyebabkan kedua orang tuamu sering bertengkar” tapi pertanyaan yang satu itu katanya memang sulit untuk harus dipublikasikan karena hal tersebut merupakan masalah pribadi yang orang lain tidakperlu mengetahuinya. Yach aku cukup maklum.
Aku bertanya lagi karena aku penasaran dengan kisah hidupnya yang penuh dengan cobaan. Tapi dia berkata jika aku menceritakan semua dari A sampai Z kamu tidak bisa menyelesaikan tugasmu Des, kemudian kami tertawa bersama-sama. Suasana yang tadinya tegang kini sudah mulai mencair, ets mencair yang aku maksud bukan dalam bentuk benda padat lho, hehehe. Kemudian dia melanjutkan ceritanya tanpa aku bertanya lagi. Jika pengalaman yang menarik lainnya yaitu pada saat aku SMP kelas 3 pas udah mau dekat ujian aku sakit parah semua guru-guru yang ada di sekolahku khawatir dengan sikond aku pada saat itu. Mereka berkata banyak-banyak berdoalah semoga kamu di berikan hidayah oleh ALLAH SWT. Tuhan memang Maha adil karena waktu pengumuman ujian saat-saat yang paling mendebarkan jantung kini tlah tiba dan hanya ada satu siswa yang dinyatakan lulus yaitu aku. Pada saat itu aku tidak bisa berkata apa-apa dan orang tuaku pun pada saat itu dinyatakan positif hamil anak laki-laki setelah bertahun-tahun aku hidup sendiri kini aku akan diberikan seorang adik laki-laki. Kebahagiaan keluarga kami bertambah lengkap dan kami sangat-sangat bersyukur dan yang paling membuatku bahagia, semenjak kejadian itu kedua orang tuaku sudah tidak sering bertengkar lagi. Makasih ya ALLAH atas semuanya. Walaupun sekarang aku sering menghadapi banyak cobaan tapi aku yakin semuanya pasti akan berakhir dengan senyuman yang inndah.
Selesai dia menceritakan pengalaman-pengalamannya aku dan temanku langsung bergegas pulang karena waktu sudah menunjukkan pukul 17.30.
Itulah kisah hidup seorang gadis manja yang kuat dan tegar dalam menghadapi semuanya serta yakin dan percaya semua pasti akan ada hikmahnya..
semoga cerpen ini bermanfaat, dibalik senyuman atau ketegaran seseorang belum tentu tidak ada masalah yang dihadapi. Bahkan masalah itu lebih sulit. Semoga kita bisa mencontohi sikap tegar yang dimiliki gadis ini.
SEKIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar