Senin, 07 Januari 2013

AKUNTANSI DALAM DEPOT AIR MINUM ISI ULANG




NAMA : NUR CITVIYANTI EKA PUTRI HAMIM
NIM      : 921411101
KELAS : C
PRODI  : S1 AKUNTANSI


AKUNTANSI  DALAM
DEPOT AIR MINUM ISI ULANG


BAB 1
    PENDAHULUAN

Air sangat diperlukan oleh tubuh manusia seperti halnya udara dan makanan. Manusia tidak akan bisa bertahan hidup tanpa air. Selain berguna untuk manusia, air pun diperlukan oleh makhluk hidup lain misalnya hewan dan tumbuhan. Bagi manusia, air sebagian besar digunakan sebagai air minum baik yang dapat diminum langsung maupun yang harus dimasak terlebih dahulu sebelum diminum.
Air  merupakan  kebutuhan  mutlak  bagi  kehidupan  manusia  dan makhluk  hidup  lainnya.  Badan  manusia  terdiri  dari  sekitar 65 %  air. Kehilangan   air   cukup   banyak   dapat  berakibat   fatal   atau   bahkan mengakibatkan kematian. Setiap hari manusia memerlukan 2,5 - 3 liter air untuk minum dan makan.
Air yang ada di bumi umumnya tidak dalam keadaan murni (H20), melainkan  mengandung  berbagai  bahan  baik  terlarut  maupun  tersuspensi, termasuk  mikroba. Oleh karena itu sebelum dikonsumsi, air harus diolah terlebih dahulu untuk menghilangkan atau menurunkan kadar bahan tercemar sampai  pada  tingkat  yang  aman.  Air  bersih  adalah  air  yang  jernih  tidak berwarna,  dan  tidak  berbau.  Meskipun  demikian,  air  jernih  yang  tidak berwarna, dan tidak berbau belum tentu aman dikonsumsi.
Air  minum, tetap menjadi kebutuhan pokok setiap orang,  kapanpun, dimanapun.  Karena itu bisnis air minum tetap bergairah, tetap prospek, apalagi jika kualitas dan higienitas air tanah di kawasan tersebut tercemar dan rendah kualitasnya. Air merupakan kebutuhan pokok manusia dan mahluk hidup lainnya dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.air yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan dapat menyebabkan gangguan bagi yang menkonsumsinya.
Tidak dapat disangkal bahwa komposisi tubuh manusia dewasa sekitar 60-70 % terdiri dari air, sementara pada bayi hampir 80 % tubuhnya terdiri dari air, dan pada janin bahkan lebih dari 90 % tubuhnya terdiri dari air. Air dibutuhkan oleh semua bagian tubuh manusia untuk dapat melakukan aktivitasnya. Guna air bagi tubuh antara lain sebagai : bahan pembentukan sel, bahan pembawa, pengatur suhu, pelarut, pereaksi, pelumas & sebagai bantalan/adsorber.
Jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh sangat bervariasi, tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi, suhu & kelembaban lingkungan, tingkat aktivitas tubuh, jenis kelamin, serta usia & kondisi tubuh. Kira-kira tubuh memerlukan sekitar 2 - 2,5 liter air perhari, jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan dari air minum & makanan. Katakanlah rata-rata kita membutuhkan 1 liter air minum setiap hari maka jika penduduk suatu kawasan, Kecamatan Kota Tengah Gorontalo misalnya dengan penduduk 15.000 maka air minum yang dibutuhkan setiap haru adalah 15.000 liter atau 166 galon perharinya. Jika sepertiga dari kebutuhan tersebut dari masyarakat yang tidak mau repot memasak (instant) maka kebutuhan minum yang harus di supply oleh depot air minum adalah 166 galon perhari.
Kebutuhan ini merupakan peluang bisnis air minum isi ulang yang dapat kita manfaatkan dengan membuka depot air minum isi ulang (DAMIU). Menjalankan usaha ini bisa meraup keuntungan yang besar, karena masyarakat banyak yang beralih menggunakan jasa depot pengisian air isi ulang tersebut.

BAB 2
PERMASALAHAN

Adapun permasalahan dalam prospek pengembangan usaha DEPOT atau usaha air isi ulang ini, yaitu:

1.      Berapa jumlah dana dan sumber modal dalam membuka usaha depot tersebut
2.      Bagaimana ketersediaan bahan baku
3.      Bagaimana proses pemasaran dan cara pendistribusian air isi ulang

BAB 3
PEMBAHASAN

A.                Besar Modal Untuk Usaha

Adapun jumlah modal yang harus di keluarkan dalam membuat usaha depot air minum adalah:

1.      Sewa tempat                                                                  : Rp 6.000.000 per tahun
2.      Mesin dan peralatan produksi
Nama/mesin
Peralatan
Merek
Jumlah
(unit)
Harga satuan
Jumlah(Rp)
Mesin Reverse Osmosis           

1
Rp 15.000.000
Rp 15.000.000
Mesin Ozon

1
Rp 2.000.000 
Rp 2.000.000
Mesin Filter

3
Rp 1.250.000
Rp 3.750.000
Tanki 500 Lt

2
Rp 600.000
Rp 1.200.000
Kran

6
Rp 40.000      
Rp 240.000
Faralon Plastik

12
Rp 40.000
Rp 480.000
Rak Aluminum

2
Rp 250.000
Rp 500.000
Dryer

2
Rp 1.000.000
Rp 2.000.000
Jumlah



Rp 25.170.000

3.      1 unit motor bebek + Keranjang                                                :  Rp 6.250.000
4.      Modal kerja (pembelian gallon, air, tissue, sabun, dll)               :  Rp 1.000.000
Jadi, jumlah modal yang dibutuhkan                                                  = Rp 38.420.000

B.                 Sumber Dana
Adapun sumber dana dalam membangun usaha ini adalah bersaal dari :

Modal Wirausaha Mahasiswa Dari Kampus   : Rp 30.000.000
Modal sendiri                                                  :Rp 5.000.000
Pinjaman dari Koperasi                                   : Rp 2.000.0000
Total investasi                                                 = Rp 37.000.00

C.                Ketersediaan Bahan Baku

v  Segi Kualitas
Kriteria kualitas air minum isi ulang merupakan kriteria selanjutnya dari aspek operasional yang  dievaluasi.  Menurut  Peraturan  Menteri  Kesehatan  Republik  Indonesia Nomor 416/ Menkes/Per/IX/1990, Air bersih adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum  setelah  dimasak.  Kualitas  air  bersih  sangat  berpengaruh  terhadap kesehatan masyarakat yang menkonsumsinya, oleh karena itu DEPOT sebagai jasa pelayanan kepada masyarakat harus memberikan pelayanan kualitas air bersih yang baik dan aman dikonsumsi masyarakat.
Penilaian terhadap pemenuhan tolok ukur kualitas air bersih dapat dinilai dari syarat fisik air. Air yang berkualitas baik harus memenuhi persyaratan fisik jernih atau tidak keruh, tidak berwarna. Secara fisika, air bisa dirasakan oleh lidah. Air yang terasa asam, manis, pahit, atau asin menunjukkan bahwa kualitas air tersebut tidak baik, Air yang baik memiliki ciri tidak berbau bila dicium dari jauh maupun dari dekat.  
Adapun kriteria kulitas air usaha depot ini adalah:
  Memiliki kelayakan air bersih dan sehat dari dinas kesehatan
  Secara fisik air tidak berasa dan tidak berbau serta tidak berwarna
  Aman di konsumsi oleh masyarakat

v  Segi Kuantitas
Kriteria  kuantitas   air   merupakan  kriteria   selanjutnya   dari  aspek operasional yang di evaluasi. Di lihat dari jumlah penduduk keseluruhan kecamatan Kota Tengah Gorontalo yang mencapai 15.000 jiwa, serta dengan melihat standar kebutuhan air untuk setiap orangnya yaitu sebanyak  5 liter/orang/hari, pada saat ini DEPOT seharusnya dapat mencukupi kebutuhan air minum sebesar 75.000  liter / kota / hari.

v  Segi Kontinyuitas
Kriteria  kontinuitas  air  merupakan  kriteria  selanjutnya  dari  aspek operasional yang di evaluasi. Kontinyuitas air minum belum dapat melakukan pelayanan secara optimal. Hal ini diakibatkan kondisi jaringan  transmisi, seperti cuaca buruk, kerusakan kendaraan, dan terganggunya jaringan listrik serta distribusi air bersih yang sering sekali terjadi kerusakan terutama pada PDAM. Sehingga masyarakat masih kesulitan mendapatkan akses terhadap air minum dari DEPOT terutama di dareah yang berada pada topografi tinggi. 

v  Tenaga Kerja
Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan dalam proses pengembangan usaha ini berjumlah 2 orang. Satu  orang bertugas di dalam depot, dan satunya lagi bertugas untuk antar jemput galon air pelanggan.

D.                Proses Pemasaran

Permintaan air isi ulang di lokasi ini sangat tinggi di karenakan lokasi usaha ini berada di lokasi perkantoran dan di kompleks Kampus Universitas Negeri Gorontalo yang tentu banyak berdampingan dengan lokasi kos-kosan. Di samping itu banyak juga masyarakat sekitar yang menjadi pelanggan depot kami ini. Adapun pemasarannya yaitu dengan mengantar ke rumah konsumen dengan cara menghubungi no HP yang diberikan atau juga dengan datang langsung kedepot untuk mengisi galonnya sendiri.

E.                 Cara Pemasaran

Gambaran umum pasar adalah kita akan mendistribusikan air mineral. Sasaran penjualannya yaitu kos-kosan, perkantoran, dan warga masyarakat sekitar. Untuk harga kemasan per galon jika di isi langsung di depot adalah Rp 3.000, sedangkan apabila di antar jemput harganya Rp 4.000. Untuk pelanggan tetap, kami memberikan bonus gratis isi ulang 1 galon jika sudah pernah mengisi galonnya 5 kali.

F.                 Sesion Wawancara Dengan Pemilik Depot
Assalam alaikum wr wb.
Selamat pagi, dan salam sejahtera untuk teman-teman sekalian.
Pada kesempatan ini, perkenankan Saya untuk memaparkan hasil wawancara Saya dengan seorang wirausahawan muda alumnus Universitas Negeri Gorontalo. Singkat saja Saya akan menjelaskan tentang wirausahawan sukses ini. Sebut saja nama beliau Bapak Syamsul Hakim. Pemuda yang sehari-harinya biasa kami sapa Ka Ayi ini merupakan alumnus mahasiswa jurusan pendidikan Kimia angkatan tahun 2007. Beliau berasal dari kota Luwuk dan hanya menimba ilmu di Gorontalo. Berbekal tekad yang kuat untuk maju, beliau berusaha keras agar menjadi seseorang yang sukses di daerah perantauan.
Sedikit bincang-bincang saya dengan Bapak Samsul tentang wirausaha yang sedang di gelutinya sekarang.
Saya       :Assalam alaikum, bagaimana kabar Ka Ayi ?
Ka Ayi   :Walaikum salam. Alhamdulillah kabarnya Ka Ayi baik-baik saja.   Ngomong-ngomong ada perlu apa Cici datang pesiar ke depot ini. Mungkin ada sesuatu hal yang bisa ka Ayi bantu ?
Saya       :Benar sekali Ka. Kebetulan Saya mendapat tugas dari Dosen untuk bisa mewawancarai seorang wirausaha. Apa Ka Ayi bersedia untuk menjadi objek penelitian Saya ?
Ka Ayi   :Ha..haa... Tentu saja Saya bersedia. Mungkin saja pengalaman Saya ini bisa menjadi motivasi untuk kalangan generasi muda, khususnya para mahasiswa UNG agar kedepannya bisa menjadi pengusaha seperti Saya.
Saya       :Okey, terima kasih Ka atas kesempatan yang di berikan.
Ka Ayi   :Iya, sama-sama. Silahkan Cici mau tanya tentang apa ?
Saya       :Mengapa Ka Ayi lebih memilih untuk jadi seorang pengusaha daripada terjun ke dunia politik ?
Ka Ayi   :Alasannya adalah wirausaha mendidik kita untuk menjadi seorang pekerja keras, dan dengan itu pula kita bisa membuka peluang kerja serta memperkecil angka pengangguran di negeri ini. Sementara dunia perpolitikan itu rentan sekali dengan korupsi, dan itu sangat menyengsarakan rakyat.
Saya       :Untuk membuka usaha ini dapat idenya darimana Ka ?
Ka Ayi   :Idenya dari teman lama yang ada di Makasar. Disana Dia juga membuka usaha yang sama, dan Dia menyarankan kepada Saya untuk membuka cabangnya di Gorontalo.
Saya       :Kira-kira berapa modal untuk membangun usaha ini Ka ?
Ka Ayi   :Kalau di hitung-hitung, totalnya sekitar 38 juta rupiah.
Saya       :Lalu dananya di dapat darimana saja Ka?
Ka Ayi   :Kemarin di tahun 2010 Saya dengan 4 orang teman lain ikut program wirausaha mahasiswa UNG. Akhirnya kelompok Saya yang berhasil memenangkan program tersebut dan mendapatkan  bantuan dana dari kampus sebesar 30 juta rupiah.
Saya       :Terus bagaimana cara Ka Ayi untuk menutupi kekurangan biayanya ?
Ka Ayi   :Saya dan teman-teman kelompok mencoba mengumpulkan semua uang kami yang ada. Namun uang yang terkumpul hanya 5 juta rupiah. Dan itu masih belum mencukupi untuk biaya modal yang di butuhkan.
Saya       :Lalu bagaimana kelanjutannya Ka ?
Ka Ayi   :Yah,, mau tidak mau Saya meminjam dana dari koperasi sebesar 2 juta rupiah. Itu di cicil setiap minggunya sebesar 600.000 selama empat minggu.
Saya       :Terus sisa dananya di pakai buat apa Ka ?
Ka Ayi   :Itu di pakai untuk merenovasi tempat usaha yang kami kontrak.
Saya       :Bagaimana dengan pemesanan dan pemasangan alatnya Ka ?
Ka Ayi   :Kami cukup nelpon saja agen yang ada di Makasar dan pesan paket alat sesuai dengan yang kami inginkan. Kemudian teknisi  mereka yang akan datang men-set langsung alatnya. Harga alatnya 26 juta rupiah dan biaya untuk kontrak tempat usaha selama 1 tahun 6 juta rupiah.
Saya       :Kenapa Ka Ayi lebih memilih usaha depot air minum ini di bandingkan dengan usaha percetakan, sablon, ataupun usaha yang lainnya ?
Ka Ayi   :Sebenarnya ini adalah usaha yang simple dan tidak membutuhkan keahlian tertentu. Yang di butuhkan hanyalah kebersihan air dan pelayanan maksimal kepada pelanggan. Saya lebih memilih usaha ini karena adanya beberapa faktor. Yang pertama lokasi usaha kami di kompleks kos-kosan dan itu merupakan tempat pemasaran yang baik. Kedua usaha ini belum terlalu banyak di kota Gorontalo ini. Ketiga usaha ini menjanjikan keuntungan yang besar.
Saya       :Berapa harga yang di patok untuk per galon airnya Ka ?
Ka Ayi   :Setiap air per-galon harganya 3 ribu rupiah. Dan untuk harga lainnya di sesuaikan dengan ukuran kapasitas galon air yang di isi oleh konsumen.
Saya       :Bagaimana dengan kualitas airnya ?
Ka Ayi   :Air dari depot kami adalah berasal dari air PAM Kota Gorontalo yang di ambil dan di distribusi langsung dari mata air pegunungan. Kemudian dengan alat ini, air tersebut lebih di sterilisasi lagi dengan menggunakan ultraviolet untuk pembasmi kuman. Sehingga airnya akan menjadi lebih bersih dan aman untuk di konsumsi.
Saya       :Bagaimana dengan pendistribusiannya Ka ?
Ka Ayi   :Kami menerima jasa antar jemput untuk pelanggan yang tidak bisa untuk datang langsung mengisi galonnya di depot.
Saya       :Kira-kira omset yang biasanya di terima perbulan itu berapa Ka ?
Ka Ayi   :Biasanya rata-rata per hari kami bisa mengisi lebih dari 100 galon air. Jadi omset setiap bulannya sekitar 7 juta rupiah lebih.
Saya       :Wah, lumayan untungnya nih. Ngomong-ngomong apa nama dari usaha ini Ka ?
Ka Ayi   :Nama usaha ini adalah Depot Air Minum Isi Ulang MALEO.
Saya       :Okey, terima kasih atas waktu wawancaranya Ka. Semoga informasi yang di berikan bisa memberikan inspirasi dan motivasi untuk teman-teman lainnya.
Ka Ayi   :Iya, sama-sama.

BAB 4
PENUTUP

            Refleksi yang dapat kita ambil dari proposal ini, yaitu kita dapat meniru usaha yang sama dengan lokasi yang berbeda. Sehingga kita juga akan mendapatkan keuntungan yang besar seperti yang di dapat oleh Depot Maleo ini. Kunci kesuksesannya adalah bahwa kita harus mau untuk bekerja keras dan selalu menjaga kualitas airnya serta pelayanan yang semaksimal mungkin kepada para konsumen.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ki agenk bondowoso,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti saran beliau syukur alhamdulillah sekarang saya bisa sukses seperti ini usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ki agenk bondowoso berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ki agenk bondowoso di nmr 082348727567 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

    BalasHapus