Minggu, 06 Januari 2013

Akuntansi Martabak Manis


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
       Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam2 aneka ragam makanan dari yang kecil dan hingga besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktifitas yang dijalani dan juga pasti memiliki makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Makanan-makanan memang sudah banyak sekali yang menjualnya tetapi makanan ini begitu sangat sederhana dan baik dikonsumzi ketika malam hari agar terlihat lebih istimewa dipandangan masyarakat. Dengan makanan ini dilakukan dengan cara pembuatan yang sederhana dengan lebih baik dan higienis begitu juga harga terjangkau dan banyak pula masyarakat yg berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak,nikmat dan lezat.
Oleh karena itu banyak juga yang memilih jenis usaha yaitu “Martabak Manis” untuk dijual karena untuk mengingatkan masyarakat indonesia agar  tidak lupa makanan khas indonesia,karena ini merupakan selingan dan baik untuk dikonsumsi.
1.2 MANFAAT PROPOSAL
·         Mengamati aspek-aspek penting dalam berwirausaha yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha.
·         menambah wawasan tentang cara memulai usaha.
·         melatih dalam pembuatan rencana anggaran secara sistematis
·         Sebagai pedoman wirausaha untuk tetap fokus pada tujuan dan target bisnisnya.
1.3 TUJUAN PROPOSAL
·         Meyakinkan pihak-pihak yang akan memberikan dukungan baik keuangan maupun dokumentasi moral.
·         .Sebagai pegangan dalam menjalankan usaha /bisnis.













BAB II
PEMBAHASAN
2.1 ASPEK PRODUKSI
      Produk yg dijual adalah Martabak Manis yang merupakan makanan selingan makanan sehari hari. Untuk harga perporsi  usaha ini sangat terjangkau dan relatif murah untuk ukuran 12cm. dalam  menjalankan  usaha  ini  kita harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijalani dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat(konsumen).
Menentukan objek pasar dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau oleh masyarakat(konsumen) ialah Tempat yang diambil di Jln Raya sambi kediri karena tempatnya yang cukup strategis.
2.2 ASPEK PEMASARAN
·         Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (cita rasa, ciri khas, dan pelayanan yang sebaik mungkin), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.

·         Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dengan promosi disetiap pebelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan  memberikan 10% dari harga tersebut.

·         Strategi Bisnis
1.      Mempelajari pesaing, ambil hal-hal yang baik dari mereka.
2.      Melakukan modifikasi penyajian dan rasa.

2.3 ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
      Untuk usaha ini masih terbilang kecil jadi masih belum ada karyawan untuk usaha ini.
2.4 ANALISIS SWOT
      Setiap kegiatan untuk memulai usaha yang harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisi SWOT.
1.strength (kekuatan).
kekuatan dari produk ini ialah:
     1. Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat.
     2. 1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa.
     3. Bahan produk yg terjamin sehat dan hiegienis.
2.weakness (kelemahan).
kelemahan dari produk ini ialah:
     1.Tidak dapat tahan lama.
     2.Produknya mudah ditiru.
      3.produk tidak terjual banyak
3. Opportunity (peluang).
peluangnya ialah:
      1.Tempat strategis.
      2.Fasilitas yang cukup memadai.
4. threath (ancaman).
            Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal.
2.5 ASPEK MODAL USAHA
     a.  Biaya Tetap
-gerobak                                                                   =Rp.500.000
-ofen                                                                         = Rp.200.000
-mixer                                                                        =Rp  130.000
-kompor gas                                                            =Rp.100.000
-Meja+kursi                                                             =Rp.500.000
-piring kecil  2lusin @  13.000                         =Rp.   26.000
-sendok  2lusin @ 12.500                                    =Rp.  25.000
-garbu  2lusin @ 12.500                                      =Rp    25.000
-gelas plastik 1pak isi 5o pcs                               =Rp    24.000
-pisau makan 2lusin @ 13.000                          =Rp    26.000    +
                                                                                    Rp1.556.000

b. Biaya Variabel:
-sewa tempat                                                          =Rp  10.000
-Listrik dan air                                                         =Rp     3.000
-Transportasi                                                           =Rp  10.000
-Pembuatan brosur                                               =Rp  25.000
-Piring plastik  1lusin @ 150×10                     =Rp  15.000
-Kardus  40biji @250×50                                     =Rp  12.500
-gas elpiji                                                                  =Rp  13.000
-sedotan 1pak isi 50                                              =Rp     3.000
Bahan baku:
-telur  3kg @ 15.000×3                                        =Rp  45.000
-terigu  4kg @ 6.000×4                                        =Rp  24.000
-gula pasir 2kg @ 9000×2                                  =Rp  18.000
-air­                                                                              =-
-garam  1bngkus                                                    =Rp    1.000
-soda kue  3 @ 3000×3                                        =Rp    9.000
-blue band ½ kg                                                      =Rp    6.000
-pewarna kuning  2biji @ 1000×2                     =Rp    2.000
-fermipan(pengembang soda)  2biji                 =Rp    1.000
Bahan taburan:
-kacang tanah  1kg                                                    =Rp  14.000
-Meises  ½ kg                                                           =Rp  10.000
-keju  1biji                                                                =Rp    6.000
-susu kental manis  3kaleng @ 8.500               =Rp   25.500
-wijen 2ons                                                              =Rp   12.000
Bahan minum:
-kuku bima 1pak                                                    =Rp     3.500
-es batu ukuran plastik 2kg                                 =Rp        500  +
Rp    269.000
Jadi biaya variabel untuk 1bulan adalah Rp269.000×30=Rp8.070.000

c.  Biaya tak terduga =  
Untuk biaya tak terduga ialah Rp.100.000









PERENCANAAN KEUANGAN
3.1 Penentukan harga pokok produk
            Biaya produksi (variabel)  =HPP
Jumlah Produk jadi
Rp.269.000     =Rp 6.725 dibagi 40= Rp 6.800  
Laba yang diinginkan =Rp6.800 x 25 ibagi 100
= Rp1700
Harga jual =Hpp+Laba
=Rp6.800+Rp1700
=Rp8.500
3.2 Pnalisis pendapatan:
Maka pendapatan perhari Rp8.500 x 40=Rp340.000
Maka pendapatan perbulan   Rp.340.000 30=Rp10.200.000                                                                `

3.3 Laba
Analisis pendapatan/bulan – biaya variabel/bulan
Rp10.200.000 – Rp8.070.000= Rp.2.130.000



Kesimpulannya yaitu menurut harapan saya untuk produk “MARTABAK MANIS” ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju serta banyak kosumen yang meminatnya, di samping itu saya juga mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.




Nama    : MEISKE MANTALI
NIM     : 9214 11 240
Tugas   : Proposal SIA (Persyaratan mengikuti UAS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar