Minggu, 06 Januari 2013


NAMA                        : SUSANTI LIANI LAKORO
NIM                             : 921 411 131
KELAS/SMESTER      : C/III
PRODI/JURUSAN       : S1 AKUNTNSI/AKUNTANSI
TUGAS                        : SISTEM INFORMASI AKUNTANSI( SIA )

Perkembangan Usaha Dalam Bidang Usaha counter


Perkembangan dalam arti harfiah adalah bertambah besar/bertambah sempurna.Sedangkan usaha adalah kegiatan atau aktifitas agar diperoleh hasil lebih baik (Winardi 1992 : 250),
Jadi perkembangan usaha adalah suatu kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran agar mendapat perubahan yang lebih baik atau bertambah maju ,baik dari segi kualitatif maupun kuantitatif sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan.

Ada 4 cara pengembangan bisnis : 
  •   Menyalin keseluruhan mekanisme bisnis, yaitu menyalin mekanisme keuangan, pemasaran, sistem, hukum dan produk dari bisnis kita yang lama ke bisnis kita yang baru. Bahasa gampangnya adalah kita buka cabang baru. Cara ini banyak digunakan oleh pedagang eceran atau restoran.
  • Membuat waralaba, yaitu anda mem-franchise-kan usaha anda. Contohnya seperti : McDonald, KFC, Kebab Turki BabaRafi, Tela-Tela, dan sebagainya.
  • Membuat perusahaan go pubilc lewat IPO, dengan kata lain, menawarkan saham perusahaan kepada publik / umum. Prosesnya rumit sekali dan biasanya tidak cocok untuk perusahaan skala kecil dan menengah.
  •  Licensing dan joint ventures. Maksudnya, memungkinkan bisnis lain memproduksi produk kita untuk dijual.  
            cara pengembangan bisnis di atas hanya bisa dilakukan jika dan apabila sebuah bisnis sudah berjalan dengan baik! Jika tidak, bukannya omset besar yang anda dapatkan, tetapi masalah-masalah yang baru yang akan anda peroleh.

     Saya membuat penelitian tentang usaha counter ,dan saya memilih Konami Counter sebagai objek yang akan saya teliti . Konami Counter ini bertempat di JL.23 Januari.
Saya pun membuat penelitian , terlebih dahulu saya meminta izin kepada pemilik counter sebagai objek penelitian . dan saya pun mulai mewancarainya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan saya :
 Mengapa bapak lebih memilih usaha counter pulsa, padahal masih banyak peluang usaha yang menghasilkan banyak keuntungan?
 Saya memilih usaha counter pulsa ini, karena melihat teknologi informasi yang semakin berkembang dan teknologi itu membutuhkan perlengkapan berupa pulsa, dan pulsa itu sendiri telah menjadi keperluan pokok bagi masyarakat sekarang, dan pengelolaannya tidak terlalu rumit. Maka saya memilih usaha ini.
 Kronologi pembangunan counter ?
 Awal berdirinya counter ini pada tahun 2000,di mana pada saat itu saya kesulitan mendapatkan counter pulsa ,padahal saat itu saya sangat membutuhkannya karena sangat ada keperluan yang mendesak, kalau melihat situasi pada saat itu belum terlalu malam untuk mengatakan tidak ada counter yang buka, berangkat dari kejadian itu kemudian saya berfikir untuk menyediakan pulsa untuk saya pakai sendiri, karena dengan begitu saya tidak perlu lagi mencari konter yang terb uka. Lama kelamaan bukan hanya saya yang menggunakan pulsa itu, beberapa orang sering meminta untuk mengisikan pulsa lewat sms, sehingga mereka tidak perlu susah-susah lagi untuk mencari counter cukup hanya mengirim sebuah pesan dan pulsa mereka otomatis bertambah. Peluang bisnispun terbuka saya berfikir kenapa tidak untuk mengembangkan usaha pengisian pulsa ini. Karena menurutnya banyak orang usaha ini memberikan keuntungan yang lumayan serta prospek yang menjanjikan seiring dengan meningkatnya penggunaan ponsel dan mobilitas penggunaannya.
Modal awal untuk pembangunan usaha counter pulsa ini ?
 
Modal awalnya Rp. 500.000,- semuanya digunakan untuk pengisian pulsa,  dari 500.000 itu kemudian saya memperoleh keuntungan sedikit demi sedikit, dari keuntungan tersebut saya memutar kembali modal saya yang lebih besar karena saya melihat kebutuhan masyarakat atas pulsa ini semakin hari semakin meningkat dan semakin pesat.
Apa saja kendala-kendala yang bapak alami selama menekuni usaha counter ini?

           Setiap usaha pasti ada kendala dan pasang surutnya, salah satu kendalan yang saya alami yaitu masalah cuaca yang dapat mempengaruhi jaringan, dampaknya pada saya karena pulsa yang akan dikirim kepada konsumen terkadang lambat. Ada juga kendala yang saya alami yakni beberapa konsumen saya terutama keluarga ataupun saudara yang telah menjadi pelanggan saya, melakukan pembelian secara kredit (hutang). Dampaknya perputaran modal untuk counter pulsa menjadi terhambat.

berapa cabang usaha counter yang bapak kelola ?

             Untuk sementara waktu ini saya memilki dua counter pulsa yang beralamat dijalan 23 januari (ipilo) dan Jl. Manado (liluwo)
berapakah pengahasilan perbulan yang bisa bapak peroleh ?
              Penghasilan yang dapat saya peroleh perbulan untuk satu counter bisa mencapai 100.000.000

apakah dengan penghasilan itu sudah bisa menutup pengeluaran untuk usaha bapak ?

             Untuk saat ini  saya bisa penutup pengeluaran saya berupa keperluan counter, pengadaan komputer, handphone untuk transaksi dan membayar gaji para karyawan saya.
Selain menjual pulsa apa saja yang bapak jual di counter ini ?
      Untuk penjualan pulsa ada terbagi tiga yaitu pulsa eceran untuk di pakai konsumen, kemudian pulsa M-kios yang distributornya Ki-sel dari telkomsel, dan juga pulsa deposit yang bisa dijual ecer  lagi para konsumen saya, ada juga kartu perdana, dan aksesoris handphone.
      Refleksi yang bisa saya ambil dari proposal yang saya buat adalah dalam membangun suatu usaha, kita tidak harus memikirkan keuntungannya yang bisa menutupi pengeluaran usaha kita, tapi kita harus memikirkan bagaimana caranya untuk mendapatkan konsumen dan apakah usaha itu menjadi satu kebutuhan dari konsumen itu sendiri dan sebelum membangun usaha kita harus menganalisis dan mentukan tempat yang strategis untuk usaha dan juga perlu melihat peluang yang dapat mempermudah kita memperoleh keuntungan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar